Friday 7 October 2016

Cerpen - SAPUCUAK SUREK – Part 2


Fajar baru saja menyingsing, sesuai kesepakatan kaum kerabat pagi ini kami akan mencari keberadaan abak. Kurang lebih dua puluh orang yang ikut serta yang didominasi kaum bapak dan bujang-bujang. Sungguh, tak habis pikir saya kemana abak? Ada yang aneh dengan kehilangan tiba-tiba ini.


Seluruh tempat yang mungkin menjadi tempat keberadaan abak kami jarah. Tanpa mengenal letih. Sepanjang jalan bahkan mataku tak lengah barang sedetik. Tiap langkah terucap doa “Tuhan tunjukkan keberadaan abak”. Ah, amak. Pasti beliau sangat cemas. Bagaimana tidak? Sewaktu melepas kami pergi kulihat air mata beliau seka dengan cepat harapan mencuat dari sudut matanya.
            Sawah gunung garingging. Kosong.
            Ladang rimbo panjang. Kosong.
            Panakia’an. Kosong.
            Panggorean. Kosong.
            Kampung tetangga. Kosong.
Mendaki gunung, menuruni tebing terjal, menapaki basahnya rimba dengan pacet-pacet yang amat menjengkelkan. Tak kami hiraukan. Tak terasa kami sudah menghabiskan seharian penuh menyisiri tempat yang mungkin abak datangi. Kawan, hasilnya nihil. Tak ada tanda-tanda.
Tik tak tik tak.
Jam tanganku berdentang, mengapa cepat sekali waktu ini berlari. 16.05 WIB. Kami berhenti sejenak untuk mengisi energi dengan perbekalan seadanya. Puluhan kilo kami menjauh dari desa permaiku. Kami menyangga pada batang pohon besar untuk melepas penat dan menyantap.
Jang, kalo lah sampai magrib ndak jo basobok baa aka lai jang.” Tanya Mak Deman memecah keheningan. “Oh Tuhan, apakah ini isyarat keputusasaan” Gumamku.
Iyo jang, baa aka wak lai” Semua menambahi.
“Ujang, berharap abak basobak mak, bia jo jasad mak” Jawabku singkat dengan air mata yang mengintip dipelupuk. Tak tertelan butiran nasi ini rasanya.
Selesai melepas penat dan mengisi energi kami putuskan mencari sumber air untuk berwudhu menunaikan shalat ashar. Shalat kedua kalinya di alam bebas dengan dzikir yang senantiasa memohon petunjuk sang Maha Pemberi Petunjuk. Mak Unim sebagai imam, beliau adalah salah satu mamak yang disegani di kampung. Beliau orang yang taat. Selalu ku ingat perkataan beliau menjelang subuh ketika kami selesai shalat bersama.
“Jang, abakmu kini ndak bisa jo kasat mata wak mancaliak”
“Indak lah di alam nan sarupo jo alam awak beliau bajalan”. Bisik Mak Unim.
“Apo makasuik mamak?” Sahutku penasaran.
“Beliau ndak jangkauan awak kini, kalo yang mambawok beliau lah melapehan untuak pai barulah beliau bisa awak caliak jo kasat mata”. Jelas singkat Mak Unim.
“Astaqfirullah...” Gumamku, semakin cemas relung batin ini.
Kito badoa sajo ka Tuhan jang, awak harus picayo di dunia ko ado alam nyato ado pulo alam gaib” Tutup Mak Unim bijak. Hatiku serasa bergemuruh.
Ya, desaku yang masih jauh dari hiruk pikuk modern masih menyimpan sejuta misteri. Bahkan seluruh warga mempercayai makhluk gaib yang menghuni satu-satu tempat. Jikalau tetua memberi pituah jangan mendatangi suatu tempat itu pada jam-jam tertentu itu artinya berbahaya. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat keberadaan mereka. Seperti orang-orang yang taat beragama dan memiliki ilmu kebatinan.
Ditengah perjalanan kami terhenti. Ini tujuan akhir kami. Gunung larangan. Tak sembarang orang yang berani kesana. Seperti kusebutkan tadi ini salah satu tempat larangan.
“Sanak, kasadonyo. Iko tujuan akhir kito. Jan sampai tapisah jo rombongan. Selalu berdzikir kepada Allah SWT. Kito bajalan diwakatu nan talarang. Wakatu hampia magrib” Sorak Mak Deman.
“Batua nan dikecekan Mak Deman, tolong senantiasa mamohon perlindungan kapado Allah. Sapangatahuan kito basamo tampek nan ka wak tuju bukan sumbarang tampek” Mak Unim menimpali.
“InsyaAllah mak” kami serentak mengiyakan.
“Mak, baa kok yakin bana mamak untuak manampuah gunuang tu..” Da Sabri menyampaikan ketidak yakinannya.
“Sanak, ado nan indak tasampaian ka sanak sado alahnyo. Jujur ambo takuik sanak cameh makonyo ambo tahan. Iko kecek bini ambo tadi malam. Tapi ambo indak yakin, indak mungkin rasonyo”. Sambung Da Ulung beropini.
Kami semua terperangah. “Astaqfirullah abak”. Batin ku hancur, tubuh ini rasa tak bertulang. Akupun hampir rebah jikalau saja Da Ical tak menyambut badanku. “Ya Allah, bagaimana jika amak mendengar cerita ini” Aku membatin.

Bersambung...
Oleh

Meldiya Reza
  



No comments:

Post a Comment